Bekal Sukses Jadi Manajer Proyek

Written By Caesar Soes on Tuesday, August 04, 2009 | Tuesday, August 04, 2009

Ada fenomena menarik yang terjadi di dunia kerja bidang informatika atau teknologi informasi (TI). Entah Anda berkarier sebagai profesional, karyawan, atau wiraswastawan, sangat kental terlibat bahwa proses perencanaan, pengembangan, dan penerapan TI dilakukan melalui aktifitas berbasis proyek.

Berbeda dengan pekerjaan yang bersifat rutin, aktifitas berorientasi proyek ini sangat jelas tanggal dan mulainya, sasaran atau target yang ingin dicapai, output atau keluaran yang diinginkan, pihak pihak yang terlibat dan bertanggung jawab, serta besaran alokasi keuangan dan sumber daya lainnya. Artinya, jika Anda ingin sukses berkarier di bidang TI, Anda mesti memiliki kompetensi khusus di bidang Manajemen Proyek Informasi.

Kompetensi Manajer Proyekstatistik global memperlihatkan, lebih dari 70 persen proyek TI dinilai "gagal" memenuhi sasaran ruang lingkup dalam bentangan target waktu dan biaya yang direncanakan atau diharapkan. Oleh karena itu, jika ingin sukses menjadi seorang manajer proyek, paling tidak 9 ilmu yang harus dikuasai. Apa saja? Simak yang berikut ini.
  1. Manajemen Ruang Lingkup
  2. Manajemen Waktu
  3. Manajemen Biaya
  4. Manajemen Kualitas
  5. Manajemen Sumber Daya Manusia
  6. Manajemen Pengadaan
  7. Manajemen Komunikasi
  8. Manajemen Resiko
  9. Manajemen integrasi

0 comments:

Post a Comment